Lima Kuliner Super Lezat Khas Batam yang Begitu Menggoda Selera

7:21:00 PM

Kuliner Khas Batam Menikmati akhir pekan dengan berlibur memang tidak ada salahnya. Terkebih dengan memilih berlibur ke Batam. Ya, kota yang terkenal akan keindahan alamnya yang cantik tersebut memang menyuguhkan keseruan berlibur menjadi tidak sia-sia. Batam sendiri merupakan kota yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, di mana kota ini dikelilingi oleh dua selat yakni Selat Malaka dan Selat Singapura. Ada sebuah jembatan yang menjadi penghubung tiga wilayah metropolitan seperti Batam, Rempang, serta Galang, yaitu jembatan Barelang.



Lokasinya yang strategis dan dekat dengan wilayah negara tetangga menjadikan Batam tujuan wisata yang menarik. Namun, tidak hanya berpusat pada tempat wisatanya saja. Sebab Batam memiliki sejumlah makanan favorit atau khas yang menjadikannya terasa begitu spesial. Tidak ada salahnya memang ketika berkunjung ke Batam untuk mencicipi bagaimana kelezatan kulinernya. Nah, berikut tradisinesia sajikan lima kuliner super enak khas Batam yang begitu menggugah selera siapa pun untuk mencicipinya.


Kue Bingka Bakar

Kue bingka bakar bisa dibilang merupakan khas-nya kota Batam. Makanan ringan bercita rasa manis ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh ketika kamu sedang berada di Batam. Di daerahnya sendiri kue bingka bakar konon malah dijadikan sebagai menu pembuka sarapan lo.

Mie Tarempa

Mie merupakan salah satu makanan yang dijadikan sebagi pengganti nasi di sejumlah wilayah. Selain mie lendir yang sudah sangat terkenal dari Batam, di sini juga ada olahan mie lain yang tidak kalah spesial yakni mie tarempa. Mie ini sendiri diolah dengan daging ikan dengan sejumlah bumbu yang menggiurkan. Mie tarempa di Batam sangat terkenal sehingga banyak warung yang menyajikan menu spesial ini. Mie tarempa biasa disajikan dengan beragam olahan seafood dan dari segi harga sendiri cukup terjangkau di mana hanya dengan kocek senilai 15 ribu kamu sudah bisa kenyang.

Gonggong seafood

Rasanya pasti sedikit aneh mendengar nama makanan satu ini, gonggong seafood. Gonggong sendiri merupakan salah satu jenis kerang-kerangan yang ada di kepulauan Riau. Dari segi bentuk sebenarnya gonggong lebih condong seperti keong. Di Batam gonggong diolah dengan bumbu khas sehingga rasa yang dihasilkan pun tidak kalah lezat dengan menu seafood lainnya.

Sup Ikan Batam

Terkenal sebagai penghasil ikan dan olahan laut, Batam memiliki olahan lain yang tidak kalah menarik seperti sup ikan. Selain sup saja kamu juga bisa menikmati olahan sup ini dengan tambahan seperti udang, sotong, serta menu tambahan khas laut lainnya. Soal rasa sendiri tidak perlu ditanyakan kembali, yang pasti juara.

Otak – Otak Batam

Otak-otak dari Batam memiliki rasa dan bentuk yang berbeda dengan daerah lain. Di Batam sendiri otak-otak diolah sedemikian rupa dan terbuat dari marakel. Di mana dalam proses selanjutnya akan dicampur dengan telur, tepung sagu, juga aneka bumbu seperti bawang merah dan putih serta santan. Otak-otak ini sendiri biasa dijadikan menu andalan di rumah. Selain itu aroma dari makanan satu ini kian enak karena dibungkus menggunakan daun pisang.

Itu tadi lima makanan yang bisa dijadikan refrensi bagi kamu ketika berkunjung ke Batam. Selain menikmati eksotisme keindahan pantai-pantainya, tidak ada salahnya juga untuk membawa oleh-oleh seperti yang sudah disebutkan di atas. Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk segera berkunjung ke Batam?

You Might Also Like

0 komentar